Manfaat Kopi Untuk Kecantikan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Payung Sekaki, Solok

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Payung Sekaki, Solok



Manfaat Kopi Untuk Kecantikan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Payung Sekaki, Solok - Meski kian banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah tahu keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Payung Sekaki, Solok


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah dalam halaman Manfaat Kopi Untuk Kecantikan – Toko Online Mesin Coffee Maker di Payung Sekaki, Solok, semoga bermakna.

0 comments