Manfaat Kopi Untuk Kulit Kering – Onlineshop Pembuat Kopi di Bakongan, Aceh Selatan

Manfaat Kopi Untuk Kulit Kering – Onlineshop Pembuat Kopi di Bakongan, Aceh Selatan



Manfaat Kopi Untuk Kulit Kering – Onlineshop Pembuat Kopi di Bakongan, Aceh Selatan - Meski kian banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai tipenya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah paham keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kulit Kering – Onlineshop Pembuat Kopi di Bakongan, Aceh Selatan


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling mencolok yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi di blog Manfaat Kopi Untuk Kulit Kering – Onlineshop Pembuat Kopi di Bakongan, Aceh Selatan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments