Membuat Kopi Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Koja, Jakarta Utara

Membuat Kopi Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Koja, Jakarta Utara


Membuat Kopi Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Koja, Jakarta Utara - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah paham keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Koja, Jakarta Utara


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di beragam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan di halaman Membuat Kopi Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Koja, Jakarta Utara, moga-moga bermanfaat.

0 comments