Membuat Kopi Hitam Enak – Kios Mesin Coffee Maker Di Lhokseumawe

Membuat Kopi Hitam Enak – Kios Mesin Coffee Maker Di Lhokseumawe



Membuat Kopi Hitam Enak – Kios Mesin Coffee Maker Di Lhokseumawe - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kamu semua telah tahu keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam Enak – Kios Mesin Coffee Maker Di Lhokseumawe


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling kentara yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah dalam halaman Membuat Kopi Hitam Enak – Kios Mesin Coffee Maker Di Lhokseumawe, moga-moga ada gunanya.

0 comments