Membuat Kopi Susu Kental – Onlineshop Coffee Maker di Muara Pahu, Kutai Barat

Membuat Kopi Susu Kental – Onlineshop Coffee Maker di Muara Pahu, Kutai Barat



Membuat Kopi Susu Kental – Onlineshop Coffee Maker di Muara Pahu, Kutai Barat - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, area ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah mengetahui karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Kental – Onlineshop Coffee Maker di Muara Pahu, Kutai Barat


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan dalam web Membuat Kopi Susu Kental – Onlineshop Coffee Maker di Muara Pahu, Kutai Barat, moga-moga ada gunanya.

0 comments