Membuat Kopi Susu – Penjual Mesin Coffee Maker di Bangli

Membuat Kopi Susu – Penjual Mesin Coffee Maker di Bangli


Membuat Kopi Susu – Penjual Mesin Coffee Maker di Bangli - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu – Penjual Mesin Coffee Maker di Bangli


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling eksplisit adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca tulisan di halaman Membuat Kopi Susu – Penjual Mesin Coffee Maker di Bangli, semoga ada gunanya.

0 comments