Membuat Kopi Susu Sederhana – Penjual Coffee Maker di Campaka, Cianjur

Membuat Kopi Susu Sederhana – Penjual Coffee Maker di Campaka, Cianjur


Membuat Kopi Susu Sederhana – Penjual Coffee Maker di Campaka, Cianjur - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, area perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Sederhana – Penjual Coffee Maker di Campaka, Cianjur


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun kekhasan paling kentara yakni peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel dalam website Membuat Kopi Susu Sederhana – Penjual Coffee Maker di Campaka, Cianjur, moga-moga berpengaruh.

0 comments