Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Coffee Maker di Sukolilo, Surabaya

Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Coffee Maker di Sukolilo, Surabaya


Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Coffee Maker di Sukolilo, Surabaya - Meski makin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua telah tahu ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Coffee Maker di Sukolilo, Surabaya


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling gamblang ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi di blog Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Coffee Maker di Sukolilo, Surabaya, semoga berguna.

0 comments