Membuat Scrub Kopi Sendiri – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sungaipenuh

Membuat Scrub Kopi Sendiri – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sungaipenuh



Membuat Scrub Kopi Sendiri – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sungaipenuh - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengerti karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Scrub Kopi Sendiri – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sungaipenuh


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berlainan di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun keunikan paling kentara adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi artikel di halaman Membuat Scrub Kopi Sendiri – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Sungaipenuh, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments