Meracik Kopi Aceh – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Trucuk, Bojonegoro

Meracik Kopi Aceh – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Trucuk, Bojonegoro



Meracik Kopi Aceh – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Trucuk, Bojonegoro - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah tahu keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Meracik Kopi Aceh – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Trucuk, Bojonegoro


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan di website Meracik Kopi Aceh – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Trucuk, Bojonegoro, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments