Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Online Shop Coffee Maker di Afulu, Nias Utara

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Online Shop Coffee Maker di Afulu, Nias Utara


Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Online Shop Coffee Maker di Afulu, Nias Utara - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengerti kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Online Shop Coffee Maker di Afulu, Nias Utara


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya jelas yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi di halaman Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Online Shop Coffee Maker di Afulu, Nias Utara, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments