Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Coffee Maker di Caringin, Bogor

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Coffee Maker di Caringin, Bogor


Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Coffee Maker di Caringin, Bogor - Biar makin ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo serta Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua telah tahu ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Coffee Maker di Caringin, Bogor


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi artikel di blog Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Coffee Maker di Caringin, Bogor, moga-moga berpengaruh.

0 comments