Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Coffee Maker di Blang Bintang, Aceh Besar

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Coffee Maker di Blang Bintang, Aceh Besar


Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Coffee Maker di Blang Bintang, Aceh Besar - Walaupun kian berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari tipenya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kalian semua pernah paham keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Coffee Maker di Blang Bintang, Aceh Besar


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling menonjol ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam web Resep Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Coffee Maker di Blang Bintang, Aceh Besar, moga-moga berguna.

0 comments