Teknik Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Pembuat Kopi di Lumajang, Lumajang

Teknik Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Pembuat Kopi di Lumajang, Lumajang



Teknik Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Pembuat Kopi di Lumajang, Lumajang - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran nilainya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Teknik Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Pembuat Kopi di Lumajang, Lumajang


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di beragam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya jelas adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca risalah dalam web Teknik Membuat Kopi Tubruk – Toko Online Pembuat Kopi di Lumajang, Lumajang, mudah-mudahan berguna.

0 comments