Cara Membuat Kopi Sendiri – Kios Pembuat Kopi Di Mekarbaru, Tangerang

Cara Membuat Kopi Sendiri – Kios Pembuat Kopi Di Mekarbaru, Tangerang


Cara Membuat Kopi Sendiri – Kios Pembuat Kopi Di Mekarbaru, Tangerang - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Sendiri – Kios Pembuat Kopi Di Mekarbaru, Tangerang


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di bermacam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan di website Cara Membuat Kopi Sendiri – Kios Pembuat Kopi Di Mekarbaru, Tangerang, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments