Cara Meracik Kopi Aceh – Jual Coffee Maker Di Kota Agung Timur, Tanggamus

Cara Meracik Kopi Aceh – Jual Coffee Maker Di Kota Agung Timur, Tanggamus


Cara Meracik Kopi Aceh – Jual Coffee Maker Di Kota Agung Timur, Tanggamus - Kendati kian banyak pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua pernah paham keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Aceh – Jual Coffee Maker Di Kota Agung Timur, Tanggamus


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan dalam website Cara Meracik Kopi Aceh – Jual Coffee Maker Di Kota Agung Timur, Tanggamus, moga-moga bermanfaat.

0 comments