Cara Meracik Kopi Aceh – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Laut Tawar, Bener Meriah

Cara Meracik Kopi Aceh – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Laut Tawar, Bener Meriah


Cara Meracik Kopi Aceh – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Laut Tawar, Bener Meriah - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah anda semua pernah paham ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Aceh – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Laut Tawar, Bener Meriah


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah dalam website Cara Meracik Kopi Aceh – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Laut Tawar, Bener Meriah, moga-moga ada gunanya.

0 comments