Jenis Bibit Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Balangan

Jenis Bibit Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Balangan



Jenis Bibit Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Balangan - Kendati kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Bibit Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Balangan


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di bermacam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling mencolok yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah di website Jenis Bibit Kopi Arabika – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Balangan, semoga ada manfaatnya.

0 comments