Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Coffee Maker di Batu Ampar, Seruyan

Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Coffee Maker di Batu Ampar, Seruyan



Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Coffee Maker di Batu Ampar, Seruyan - Biar semakin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Coffee Maker di Batu Ampar, Seruyan


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca tulisan dalam web Jenis Bibit Kopi Arabika – Penjual Coffee Maker di Batu Ampar, Seruyan, semoga bermakna.

0 comments