Jenis Biji Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Darul Kamal, Aceh Besar

Jenis Biji Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Darul Kamal, Aceh Besar



Jenis Biji Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Darul Kamal, Aceh Besar - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, kendati berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang rupa bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Darul Kamal, Aceh Besar


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi di halaman Jenis Biji Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Darul Kamal, Aceh Besar, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments