Jenis Kopi Di Toraja – Onlineshop Pembuat Kopi di Karang Intan, Banjar

Jenis Kopi Di Toraja – Onlineshop Pembuat Kopi di Karang Intan, Banjar


Jenis Kopi Di Toraja – Onlineshop Pembuat Kopi di Karang Intan, Banjar - Walaupun makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, kendati berjenis sama, citarasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kalian semua pernah mengetahui keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Di Toraja – Onlineshop Pembuat Kopi di Karang Intan, Banjar


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel dalam halaman Jenis Kopi Di Toraja – Onlineshop Pembuat Kopi di Karang Intan, Banjar, semoga ada gunanya.

0 comments