Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Taman Sari, Jakarta Barat

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Taman Sari, Jakarta Barat



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Taman Sari, Jakarta Barat - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, area ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah mengetahui kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Taman Sari, Jakarta Barat


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya jelas yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel di halaman Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Toko Online Mesin Coffee Maker di Taman Sari, Jakarta Barat, mudah-mudahan berguna.

0 comments