Jenis Kopi Robusta Nusantara – Penjual Pembuat Kopi di Kendit, Situbondo

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Penjual Pembuat Kopi di Kendit, Situbondo


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Penjual Pembuat Kopi di Kendit, Situbondo - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah mengerti keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Penjual Pembuat Kopi di Kendit, Situbondo


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya jelas yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan dalam blog Jenis Kopi Robusta Nusantara – Penjual Pembuat Kopi di Kendit, Situbondo, moga-moga ada gunanya.

0 comments