Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bobotsari, Purbalingga

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bobotsari, Purbalingga


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bobotsari, Purbalingga - Meski semakin banyak penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bobotsari, Purbalingga


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan dalam halaman Jenis Kopi Robusta Terbaik – Online Shop Mesin Coffee Maker di Bobotsari, Purbalingga, moga-moga berguna.

0 comments