Jenis Kopi Toraja – Toko Coffee Maker di Anjir Muara, Barito Kuala

Jenis Kopi Toraja – Toko Coffee Maker di Anjir Muara, Barito Kuala


Jenis Kopi Toraja – Toko Coffee Maker di Anjir Muara, Barito Kuala - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Toraja – Toko Coffee Maker di Anjir Muara, Barito Kuala


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya jelas adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah di website Jenis Kopi Toraja – Toko Coffee Maker di Anjir Muara, Barito Kuala, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments