Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi di Karang Tanjung, Pandeglang

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi di Karang Tanjung, Pandeglang


Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi di Karang Tanjung, Pandeglang - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua sudah mengerti keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi di Karang Tanjung, Pandeglang


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi di blog Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi di Karang Tanjung, Pandeglang, moga-moga bermanfaat.

0 comments