Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Mesin Coffee Maker di Ciniru, Kuningan

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Mesin Coffee Maker di Ciniru, Kuningan


Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Mesin Coffee Maker di Ciniru, Kuningan - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Mesin Coffee Maker di Ciniru, Kuningan


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling jelas yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi risalah di blog Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Mesin Coffee Maker di Ciniru, Kuningan, mudah-mudahan berguna.

0 comments