Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Onlineshop Coffee Maker Di Balikpapan Utara, Balikpapan

Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Onlineshop Coffee Maker Di Balikpapan Utara, Balikpapan



Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Onlineshop Coffee Maker Di Balikpapan Utara, Balikpapan - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua telah tahu keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang struktur biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Onlineshop Coffee Maker Di Balikpapan Utara, Balikpapan


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling kentara adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah di blog Kebaikan Kopi Jantan Tradisional – Onlineshop Coffee Maker Di Balikpapan Utara, Balikpapan, mudah-mudahan bermakna.

0 comments