Khasiat Kopi Anak Jantan – Kios Coffee Maker di Cibalong, Garut

Khasiat Kopi Anak Jantan – Kios Coffee Maker di Cibalong, Garut



Khasiat Kopi Anak Jantan – Kios Coffee Maker di Cibalong, Garut - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua sudah paham keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Anak Jantan – Kios Coffee Maker di Cibalong, Garut


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi di halaman Khasiat Kopi Anak Jantan – Kios Coffee Maker di Cibalong, Garut, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments