Khasiat Kopi Badang – Jual Pembuat Kopi di Laguboti, Toba Samosir

Khasiat Kopi Badang – Jual Pembuat Kopi di Laguboti, Toba Samosir



Khasiat Kopi Badang – Jual Pembuat Kopi di Laguboti, Toba Samosir - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah mengerti keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Badang – Jual Pembuat Kopi di Laguboti, Toba Samosir


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya menonjol yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi dalam blog Khasiat Kopi Badang – Jual Pembuat Kopi di Laguboti, Toba Samosir, moga-moga bermanfaat.

0 comments