Khasiat Kopi Badang – Kios Pembuat Kopi Di Sebulu, Kutai Kartanegara

Khasiat Kopi Badang – Kios Pembuat Kopi Di Sebulu, Kutai Kartanegara



Khasiat Kopi Badang – Kios Pembuat Kopi Di Sebulu, Kutai Kartanegara - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengerti keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Badang – Kios Pembuat Kopi Di Sebulu, Kutai Kartanegara


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya jelas yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi di web Khasiat Kopi Badang – Kios Pembuat Kopi Di Sebulu, Kutai Kartanegara, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments