Khasiat Kopi Hijau Alana – Penjual Coffee Maker di Tahunan, Jepara

Khasiat Kopi Hijau Alana – Penjual Coffee Maker di Tahunan, Jepara



Khasiat Kopi Hijau Alana – Penjual Coffee Maker di Tahunan, Jepara - Meski makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Alana – Penjual Coffee Maker di Tahunan, Jepara


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan dalam website Khasiat Kopi Hijau Alana – Penjual Coffee Maker di Tahunan, Jepara, semoga bermakna.

0 comments