Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Toko Mesin Coffee Maker Di Bandar Baru, Pidie Jaya

Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Toko Mesin Coffee Maker Di Bandar Baru, Pidie Jaya



Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Toko Mesin Coffee Maker Di Bandar Baru, Pidie Jaya - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua pernah paham keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Toko Mesin Coffee Maker Di Bandar Baru, Pidie Jaya


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya kentara yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi artikel dalam halaman Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Toko Mesin Coffee Maker Di Bandar Baru, Pidie Jaya, moga-moga bermakna.

0 comments