Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Pembuat Kopi di Boyolali, Boyolali

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Pembuat Kopi di Boyolali, Boyolali


Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Pembuat Kopi di Boyolali, Boyolali - Meski makin banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari tipenya, area ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah paham karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Pembuat Kopi di Boyolali, Boyolali


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling jelas yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi informasi dalam website Khasiat Kopi Hijau Karysma – Penjual Pembuat Kopi di Boyolali, Boyolali, mudah-mudahan bermakna.

0 comments