Khasiat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kemiri, Tangerang

Khasiat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kemiri, Tangerang



Khasiat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kemiri, Tangerang - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah tahu karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kemiri, Tangerang


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di bermacam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling mencolok adalah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di web Khasiat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kemiri, Tangerang, mudah-mudahan berguna.

0 comments