Khasiat Kopi Pak Belalang – Jual Mesin Pembuat Kopi di Nyuatan, Kutai Barat

Khasiat Kopi Pak Belalang – Jual Mesin Pembuat Kopi di Nyuatan, Kutai Barat


Khasiat Kopi Pak Belalang – Jual Mesin Pembuat Kopi di Nyuatan, Kutai Barat - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, lokasi peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kalian semua sudah tahu keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pak Belalang – Jual Mesin Pembuat Kopi di Nyuatan, Kutai Barat


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah dalam website Khasiat Kopi Pak Belalang – Jual Mesin Pembuat Kopi di Nyuatan, Kutai Barat, moga-moga berpengaruh.

0 comments