Khasiat Kopi Radix Hpai – Onlineshop Pembuat Kopi Di Ilir Talo, Seluma

Khasiat Kopi Radix Hpai – Onlineshop Pembuat Kopi Di Ilir Talo, Seluma


Khasiat Kopi Radix Hpai – Onlineshop Pembuat Kopi Di Ilir Talo, Seluma - Kendati kian banyak penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari tipenya, daerah perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah paham keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Hpai – Onlineshop Pembuat Kopi Di Ilir Talo, Seluma


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca tulisan dalam blog Khasiat Kopi Radix Hpai – Onlineshop Pembuat Kopi Di Ilir Talo, Seluma, semoga bermanfaat.

0 comments