Khasiat Kopi Radix – Kios Mesin Coffee Maker di Sangir Jujuan, Solok Selatan

Khasiat Kopi Radix – Kios Mesin Coffee Maker di Sangir Jujuan, Solok Selatan



Khasiat Kopi Radix – Kios Mesin Coffee Maker di Sangir Jujuan, Solok Selatan - Biar kian ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah mengerti kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix – Kios Mesin Coffee Maker di Sangir Jujuan, Solok Selatan


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan di blog Khasiat Kopi Radix – Kios Mesin Coffee Maker di Sangir Jujuan, Solok Selatan, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments