Khasiat Kopi Rerama – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Tambak Sarioso

Khasiat Kopi Rerama – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Tambak Sarioso


Khasiat Kopi Rerama – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Tambak Sarioso - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah paham ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Tambak Sarioso


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama.

Adapun ciri khusus paling eksplisit yakni peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di blog Khasiat Kopi Rerama – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Tambak Sarioso, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments