Khasiat Kopi Rerama – Penjual Coffee Maker di Colomadu, Karanganyar

Khasiat Kopi Rerama – Penjual Coffee Maker di Colomadu, Karanganyar


Khasiat Kopi Rerama – Penjual Coffee Maker di Colomadu, Karanganyar - Kendati kian banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai jenisnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah tahu karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama – Penjual Coffee Maker di Colomadu, Karanganyar


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca informasi dalam blog Khasiat Kopi Rerama – Penjual Coffee Maker di Colomadu, Karanganyar, semoga ada gunanya.

0 comments