Khasiat Kopi Rerama Stevia – Toko Coffee Maker di Panjang Jiwo

Khasiat Kopi Rerama Stevia – Toko Coffee Maker di Panjang Jiwo


Khasiat Kopi Rerama Stevia – Toko Coffee Maker di Panjang Jiwo - Biar makin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah mengetahui keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama Stevia – Toko Coffee Maker di Panjang Jiwo


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan di halaman Khasiat Kopi Rerama Stevia – Toko Coffee Maker di Panjang Jiwo, moga-moga berpengaruh.

0 comments