Khasiat Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Toko Mesin Coffee Maker Di Batulicin, Tanah Bumbu

Khasiat Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Toko Mesin Coffee Maker Di Batulicin, Tanah Bumbu



Khasiat Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Toko Mesin Coffee Maker Di Batulicin, Tanah Bumbu - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua sudah mengerti keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Toko Mesin Coffee Maker Di Batulicin, Tanah Bumbu


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling kentara yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan di halaman Khasiat Kopi Untuk Wajah Berjerawat – Toko Mesin Coffee Maker Di Batulicin, Tanah Bumbu, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments