Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Penjual Mesin Coffee Maker Di Randuagung, Lumajang

Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Penjual Mesin Coffee Maker Di Randuagung, Lumajang



Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Penjual Mesin Coffee Maker Di Randuagung, Lumajang - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah mengerti keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Penjual Mesin Coffee Maker Di Randuagung, Lumajang


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berlainan di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling eksplisit ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi artikel di website Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Penjual Mesin Coffee Maker Di Randuagung, Lumajang, mudah-mudahan bermakna.

0 comments