Macam Kopi Aceh – Kios Coffee Maker Di Menganti, Gresik

Macam Kopi Aceh – Kios Coffee Maker Di Menganti, Gresik


Macam Kopi Aceh – Kios Coffee Maker Di Menganti, Gresik - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui karakteristik dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Kopi Aceh – Kios Coffee Maker Di Menganti, Gresik


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi di blog Macam Kopi Aceh – Kios Coffee Maker Di Menganti, Gresik, moga-moga bermanfaat.

0 comments