Macam Kopi Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi di Cikupa, Tangerang

Macam Kopi Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi di Cikupa, Tangerang


Macam Kopi Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi di Cikupa, Tangerang - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Kopi Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi di Cikupa, Tangerang


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di bermacam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa istimewa, berlainan di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah dalam web Macam Kopi Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi di Cikupa, Tangerang, moga-moga bermakna.

0 comments