Macam Kopi Di Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker di Gundih

Macam Kopi Di Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker di Gundih



Macam Kopi Di Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker di Gundih - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengerti keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki wujud bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Di Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker di Gundih


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi dalam halaman Macam Kopi Di Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker di Gundih, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments