Macam Kopi Khas Indonesia – Kios Pembuat Kopi di Wanareja, Cilacap

Macam Kopi Khas Indonesia – Kios Pembuat Kopi di Wanareja, Cilacap



Macam Kopi Khas Indonesia – Kios Pembuat Kopi di Wanareja, Cilacap - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua sudah mengetahui karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Khas Indonesia – Kios Pembuat Kopi di Wanareja, Cilacap


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama.

Adapun ciri khas paling mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi dalam website Macam Kopi Khas Indonesia – Kios Pembuat Kopi di Wanareja, Cilacap, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments