Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Karangpucung, Cilacap

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Karangpucung, Cilacap



Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Karangpucung, Cilacap - Meski kian banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengerti keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Karangpucung, Cilacap


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca risalah dalam halaman Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Karangpucung, Cilacap, moga-moga ada gunanya.

0 comments