Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Bingin Kuning, Lebong

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Bingin Kuning, Lebong



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Bingin Kuning, Lebong - Walaupun kian berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah anda semua sudah tahu keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Bingin Kuning, Lebong


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama.

Adapun ciri khas paling menonjol yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi informasi di halaman Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi Di Bingin Kuning, Lebong, moga-moga bermakna.

0 comments