Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi Di Mandau Talawang, Kapuas

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi Di Mandau Talawang, Kapuas



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi Di Mandau Talawang, Kapuas - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah tahu keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi Di Mandau Talawang, Kapuas


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah di blog Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Pembuat Kopi Di Mandau Talawang, Kapuas, mudah-mudahan berguna.

0 comments